Tips Simpel Travelling ke USA

“Eh lu, lagi mikirin apa sih? Mikirin jodoh ya? serius banget gitu muka lu?”
“Hehehe, bukan kok. lagi pengin banget liburan ke Amerika nih, sekalian mengunjungi beberapa tempat yang kece dan instagramabble” jawab gue dengan antusiasme tinggi.
“Eh, Amerika dong ya. Seru loh di sana. Kebetulan gue juga pernah ke LA tahun lalu, wah gila banget, kayak berasa di film-film ehehehe” sahut Bayu gak kalah semangat. 

Nah, buat yang lagi pengin banget traveling ke Amerika kayak gue, gak usah mengerutkan kening dulu ngebayangin budgetnya ya, entah untuk nonton liga inggris atau sekedar mengunjungi tempat-tempat yang keren banget, terserah lu deh.
Ini tips buat bisa liburan ke Amerika tanpa harus rogoh kocek dalam-dalam. 

1. Membuat passport

Buat passport


Passport adalah hal penting yang harus kamu urus sesegera mungkin. Bisa dibilang passport ini seperti kunci kemana saja yang bisa membawamu ke negara-negara yang belum pernah kamu kunjungi. Passport sangat dibutuhkan mulai dari beli tiket sampai nanti check in di hotel.

Sekarang enggak susah membuat passport kamu bisa langsung mendaftar online dan mengisi data-data yang diperlukan sebelumnya. Tapi jangan lupa untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti ijazah terakhir, kartu keluarga, akte lahir, KTP, dan persyartan lainnya. Oh ya kalau memang memungkinkan kamu bisa nih memilih E-Passport yang akan memberikanmu banyak kemudahan.

2. Pas sama musimnya

Udah paling pas kalau kamu mau liburan ke Amerika di antara periode Februari-April. Karena di sana masih musim semi, jadi masih enak cuacanya buat jalan-jalan. Selain itu gak harus nyiapin dan bawa baju-baju tebal musim dingin dan pelengkapnya.
Tambahan sedikit, gak usah ribet juga buat beli oleh-oleh. Ini bukan kewajiban kok. Kamu kan mau liburan menyenangkan diri sendiri, bukan buat beli oleh-oleh. Nah, gimana? Ternyata bisa kan liburan ke Amerika tanpa harus keluarin banyak biaya? Hemat bukan berarti kamu jadi pelit ya, nanti malah gak nikmatin liburan tapi cuma ribet kalkulasi ini-itu pas di sana. Pangkas saja biaya-biaya yang memungkinkan dan lebih bijak saat mengeluarkan uang selama di sana. Met liburan! 

3. Pelajari negara tujuan

pelajari negara tujuan


Kalau perjalanan pertamamu ini untuk bekerja mungkin kamu enggak terlalu memikirkan karena pasti kantor sudah mengatur semuanya. Nah berbeda dengan kamu yang pergi liburan kamu harus nih mengenali negara tujuanmu.

Tujuannya supaya kamu lebih siap dan enggak melakukan kesalahan pas sampai di negara tujuan. Enggak lucu kan kalau kamu packing kaos-kaos tipis eh pas sampai ternyata lagi musim dingin. Mempelajari negara tujuan ini juga membuatmu lebih hemat waktu selama berada di negara tujuan. Oh ya jangan lupa untuk mempelajari kebiasaan dan aturan di negara tempatmu berlibur ya.

4. Kunjungi destinasi-destinasi murah

Jangan maksain buat liburan ke kota-kota besar kayak New York, Washington atau Los Angeles kalau budget pas-pasan. Gak usah mikir, ”‘Ah, kan keren kayak orang-orang tuh kalau ditanya dari mana, dari LA dong!” Banyak destinasi yang keren kok, tapi lebih ramah di kantong.  
 
Penting banget makanya sebelum liburan, pastiin kamu udah browsing dan kumpulin informasi. Destinasi mana saja yang gak bikin kantong bolong namun tetap bakal ninggalin kesan di hati. Kan banyak tuh blog review traveling hemat ke luar negeri. Jangan malas, contek aja! 
  

5. Aktifkan nomer ponsel

aktifkan telepon


Walaupun sedang berlibur kamu tentu enggak mau ketinggalan berita-berita penting atau berbagai dengan orang-orang tersayang kan. Makanya penting banget mengaktifkan nomer ponselmu, beli simcard lokal untuk bisa terus berkomunikasi atau kamu juga bisa memesan modem WiFi sebelum berangkat ke negara tujuan.Nah pas banget nih, gue rekomen banget, buat booking di Java Mifi, selama ini gue kalo pergi ke USA sering banget pake jasa mereka, service nya juga bagus, sering di greeting, kalo ada masalah, kalau ada kendala, langsung gue sampein ke CS nya,CS nya juga baik trus fast respon juga, wah puas deh. Kamu bisa langsung book di website mereka, trus katanya mereka juga punya SIM Card Internasional, ini juga pas buat yang suka ke luar negeri buat urusan kantor, atau dalam jangka waktu yang sebentar.