Travelling Singkat & Nyaman Luar Negeri ala Backpacker Sejati

Akhir tahun lalu, setelah sempat tertunda karena urusan kantor, saya akhirnya berhasil menjejaki Benua Australia. Menjelang keberangkatan, nilai tukar rupiah menyedihkan sehingga 1 AUD ada di kisaran 11 ribu. Walaupun saya berangkat membawa USD simpanan, ditambah lagi dengan timing berangkat saat peak season menyambut Natal dan Tahun Baru. Waktu ngobrol dengan teman kantor yang orang Australia, dia bilang memang biaya hidup di Australia meningkat dari tahun ke tahun. Dia bilang rasanya Sydney sekarang lebih mahal dari London

Karena ada teman yang menanyakan cara traveling murah, jadinya saya coba coba buat tulisan ini. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya traveling ke Singapura dan Malaysia saja, belom pernah dicoba di negara lain. Tapi saran saya jangan ditiru sih, karena prihatin. Mari dibedah, semoga bermanfaat, hehe.


1. Pesawat Udara
Saya kemaren pakai Air Asia. Maskapai ini telah teruji karena berhasil memenangi award World's best low cost airlines selama bertahun tahun, sehingga kredibil untuk dijadikan teman traveling kita. Saya kemaren PP Solo-Singapura seharga 400 ribuan rupiah. Sebenarnya bisa lebih murah sih, karena air asia sering kasih kursi GRATIS, tapi kalau momennya pas saja. Menurut pribadi saya, 400 ribu udah cukup murah. Yang paling penting adalah sering lihat promo tiket, cara yang paling efektif adalah dengan subscribe ke maskapai itu, kita pasti akan diberi tahu info tiket promo melalui email, bisa juga sih kalau follow sosmednya maskapai, pilih saja salah satu yang paling cocok untuk kamu. 

2. Packing
Untuk packing barang, secukupnya saja sesuai lama waktu pergi. Kemarin saya pergi 5 hari, saya pake carrier 75L, masih lowong banyak, tapi itu tas satu-satunya hehe. Hal yang perlu diperhatikan itu alat mandi seperti sabun, face wash, shampoo, odol, maksimal 80ml saja, lalu dimasukkan kedalam zipper bag, lalu berharap tidak disita.

Jangan lupa juga untuk menggulung baju, jangan dilipat karena ruang tersisa lebih banyak ketika pakaian digulung. Jangan lupa bawa charger, obat-obatan pribadi dsb. Kemaren saya bawa 2 tas, 1 carrier, 1 nya lagi itu tas selempang kayak tukang parkir, tas ini untuk meletakkan paspor, dompet, dan hal kecil namun penting lainnya. Jangan lebih dari 7kg ya, biasanya tidak dihitung sih.

3. Konverter Charger Smartphone
Jangan lupa bawa converter listrik ini sejak dari Indonesia kalau travelling ria atau anda akan kerepotan untuk urusan charge gadget anda. Beli di tempat tujuan langsung juga tidak di recommended, pengalaman gue hunting converter listrik saat travelling rata-rata dipakai untuk teman gue atau untuk penggunaan pribadi pada smartphone yang lupa bawa, gue harus sampai cari kira-kira 7 toko baru dapat toko elektronik yang jual converter listrik ini, penting banget kan?

4. Penginapan
Hal yang paling mengesalkan adalah bahwa kita menghabiskan banyak uang hanya untuk sebuah penginapan, yang kalau siang kita tinggalkan untuk jalan jalan maupun wisata. Biaya sewa ini menghabiskan 30% dari modal saya, gila! Cara mensiasatinya adalah dengan tidur di Bandara (kalau berani sih, saya belom pernah coba) hehe. Tapi banyak blogger yang nulis soal tidur di Bandara ini hehe.

Saya selama 5 hari kemaren hanya 2 hari tidur di hostel (yang dormitory karena paling murah), sisanya saya tidur di Bus, tidur di stasiun, tidur di emperan. Saran juga nih, bisa loh lihat website semacam traveloka, agoda, untuk tau harga hostel termurah, siapa tau ada promo juga hehe. Bisa juga cari couch surfingan, baik baik orangnya.
5726295e24a9d51e4c8b456e.jpeg
5726296724a9d51e4c8b456f.jpeg 
5. Penggunaan Wi-Fi Portable 
Anda bisa menggunakan router WiFi portabel saat bepergian. Baik untuk bisnis maupun kesenangan, saat berjalan-jalan, di rumah, di kantor atau di mobil (bahkan ada perangkat WiFi mobil khusus ). Anda dapat menghubungkan perangkat keluarga / kolega bisnis Anda ke jaringan yang aman sehingga Anda bisa mendapatkan semuanya dengan harga terjangkau. Jika Anda bepergian untuk bisnis, Anda dapat memastikan tingkat produktivitas tetap tinggi saat Anda bepergian.

Perangkat hotspot wifi portable cukup kecil dan ringan sehingga Anda bisa membawanya dalam tas travel. Pastikan SIM Card yang Anda gunakan memberikan kecepatan data yang bagus di kota tujuan. Pebisnis online juga bisa membeli Paket Internet Murah bila ingin lebih terjangkau. Saya sangat merekomendasikan Java Mifi, sudah lebih dari 3 kali saya travelling, koneksinya tetap stabil dan tidak terputus. CS nya juga baik dan ramah, yahh good lah, untuk sewa pocket wifi ini silahkan kamu mengunjungi website mereka.