Travel ke Paris Pilih SIM Card, Pocket WiFi atau Free WiFi?

1. WiFi Gratis di Paris

Paris dianggap sebagai salah satu kota yang “ramah WIFI”. Mereka menyediakan WIFI gratis di berbagai tempat umum seperti bandara, stasiun, dan di pusat kota seperti Champs-Elysées, di sekitar Notre-Dame, dan di beberapa taman kota. Bagaimanapun juga, sebagian besar wifi zones di Paris memiliki jaringan lambat dan terkadang sulit untuk dapat terhubung. Kita juga dapat memanfaatkan WIFI di berbagai kafe atau restoran. Salah satu contoh kafe yang memiliki koneksi WIFI yang cepat di Paris adalah Hubsy. Dengan konsep co-working café, kita dapat memanfaatkan jaringan WIFI mereka hanya dengan membayar 5€ per jam sambil minum kopi gratis dan sepuasnya! Hubsy terletak di distrik 3 Paris.


2. Membeli SIM Card
Sibuk mencari dan mengandalkan WIFI memang kerap menghambat waktu kita untuk bersenang-senang di Perancis sehingga banyak di antara kita yang memilih untuk membeli SIM card lokal Perancis (french sim card) agar tetap memiliki koneksi internet selama liburan. Untuk itulah Java Sim hadir untuk menemani travelling kamu supaya lebih mudah. Kamu tidak perlu mencari spot-spot wifi gratis, mampir di kafe hanya untuk memakai WiFi gratis, semua kendala dapat teratasi hanya dengan memakai Java Sim, silahkan kamu pesan langsung via website.


3. Sewa WIFI Router / WIFI Rental - Pocket WIFI for Europe ?
Kali ini saya menemukan provider wifi router yang bisa kita sewa di Indonesia, sebelum berangkat berarti sudah pegang pocket wifi ini. Namanya Java Mifi. Cara rentalnya cukup simpel. Pilih negara yang ingin kita tuju, tentukan lama hari pemakaian. Nanti perangkat portabel wifi akan dikirim ke alamat rumah atau kantor kita. Nyalakan device ini begitu mendarat di negara tujuan dan siap pakai! Simple kan. Saat saya dikirimin unit reviewnya, rencana akan saya bawa pakai di Australia. Paket dikirim oleh kurir dalam box rapi. Selain itu (ini tambahan) saya juga mendapat Global SIM Card (bisa dipesan di java-sim.com). Pocket wifi dari Java Mifi ini benar-benar mudah dan hassle free. Anda tinggal pilih negara tujuan pemakaian, biasa yang SIM Card atau Internetnya mahal2 seperti di Eropa, Jepang, Australia, atau Amerika Serikat.
Java Mifi memiliki paket penyewaan pocket WIFI Europe seharga Rp 110.000 per hari dengan minimal sewa 3 hari. Dengan paket ini kita akan mendapatkan kuota internet tanpa batas dengan kecepatan 3G atau 4G (sesuai pilihan). Selain itu, mereka mengharuskan kita untuk membayar biaya deposit sebesar Rp 500.000 sehingga total biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 830.000 (sewa WIFI router 3 hari + deposit). Selain travel wifi Europe, mereka juga menyediakan paket Europe data sim card - kartu SIM yang dapat digunakan di wilayah Eropa.